Jumat, 07 Februari 2014

Posted by kurnia sandy 20.00 No comments
Teknologi hijau adalah teknologi yang berbasis lingkungan. Artinya, semua aspek yang berhubungan dengan teknologi tersebut memberikan dampak yang baik bagi lingkungan.

Mengapa kita harus beralih ke 
teknologi hijau?

1. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui (non-renewable resources) telah berkurang. Mineral, minyak bumi dan gas bumi semakin langka. Masyarakat indonesia boleh berbangga hati karena harga BBM subsidi Indonesia merupakan harga termurah nomor 3 dunia (6.500 rupiah/ltr). Tapi, apakah anda tahu berapa uang negara yang habis karena subsidi BBM, Elpiji dan BBG? Lalu apa jadinya jika dunia kehabisan minyak?  Hal ini yang perlu dipikirkan oleh generasi sekarang, yaitu bagaiamana cara mengurangi konsumsi bahan bakar minyak dan mencari sumber energi lain sebagai pengganti bahan bakar yang kita pakai selama ini.

2. Mengurangi pelepasan CO2 ke udara. Transportasi menghasilkan CO2 yang paling banyak di antara sumber – sumber CO2 lainnya

Efek rumah kaca disebabkan oleh naiknya konsentrasi gas CO2 dan gas- gas lainnya (NO, CFC dll) di atmosfer bumi. Uap air juga turut ambil bagian dalam efek rumah kaca. Efek rumah kaca pada dasarnya berfungsi memberikan kehangatan pada bumi. Ini salah satu faktor mengapa ada kehidupan di bumi dan bumi tidak menjadi membeku.
 Namun, COdan gas lain yang berlebihan di atmosfer akan menyebabkan panas (sinar matahari) yang diterima bumi tidak bisa dipantulkan lagi. Atmosfer yang dipenuhi CO2 kembali memantulkan panas tersebut ke bumi. Hasilnya adalah bumi semakin panas. Selama 100 tahun berikutnya, suhu rata-rata atmosfer di Bumi diperkirakan akan meningkat sebanyak 6,4  .


3. Ikut meningkatkan kualitas hidup manusia. Tidak menggunakan bahan – bahan berbahaya dalam memproduksi sebuah barang dan yang paling penting adalah barang tersebut bisa didaur ulang. Tindakan seperti ini turut mengurangi sampah yang bisa mencapai 5.300 ton / hari (khusus DKI Jakarta). Jika hal ini tidak bisa ditanggulangi, kita akan terus mendengar banjir di beberapa kota di Indonesia dan berbagai masalah lain yang ditimbulkannya


Mari kita selamatkan bumi kita !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Facebook Twitter Favorites